Headlines News :
Home » , » Line Follower Robot Competition Resmi Ditutup

Line Follower Robot Competition Resmi Ditutup

Written By Kabar Kampusku on Kamis, 02 Mei 2013 | 22.19

KABAR KAMPUSKU - Perhelatan "Line Follower Robot Competition" yang digelar Jurusan Teknologi Informasi Polnes resmi ditutup Rabu (1/5) kemarin oleh Wakil Direktur II Abdul Muis. Lomba ini berlangsung selama 2 hari (30 April-1 Mei) yang bertempatkan di gedung Auditorium Politeknik Negeri Samarinda. Lomba ini diperuntukkan bagi siswa/i SMA/SMK dan Mahasiswa/i tingkat sederajat provinsi Kalimantan Timur. 

Lomba ini terdiri dari dua kategori, yaitu Analog dan Mikrokontroller. Untuk kategori Analog diikuti oleh 5 tim, satu tim dari SMKN 1 Bontang, yaitu Ria Ravika dan Muh Dian dengan nama robot ROVAC, tiga tim dari mahasiswa jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negeri Samarinda, yaitu Heri Rahmat dengan nama robot TUING-TUING, Muji dengan nama robot MJ, serta Lisa dengan nama robot DAYAX 99. Kemudian satu tim dari mahasiswa STIMIK Wicida Samarinda, yaitu Rajiansyah dan Misdinia dengan nama robot WICIDA 1. Untuk kategori mikrokontroller diikuti oleh 4 tim, dua tim dari mahasiswa jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Samarinda, yaitu Jumadil dengan nama robot ARCS 1 dan Sejuh dengan nama robot ARCS 2. Satu tim dari mahasiswa jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negeri Samarinda, yaitu Periyaldi dengan nama robot DAYAX 99 dan satu tim lagi dari mahasiswa STIMIK Wicida Samarinda, yaitu Reza dan Davian dengan nama robot WICIDA 2. 

Selain perlombaan, mahasiswa Teknologi Informasi Politeknik Negeri samarinda juga mempertunjukkan berbagai koleksi robot yang mereka punya dan kembangkan melalui pemograman, yaitu Darwin Robot yang dapat menendang bola melalui sensor dan menari tarian Dayak Kalimantan Timur. Humanoid Robot yaitu robot yang dapat menari Gangnam Style serta Bioloid Robot yang berbentuk seperti laba-laba.

Dalam kategori Analog dimenangkan oleh Ria Ravika dan Muh. Dian dengan nama robot ROVAC dari SMKN 1 Bontang sebagai juara pertama. Dua pemenang selanjutnya dari jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negeri Samarinda, Heri Rahmat dengan nama robot TUING-TUING sebagai juara kedua dan Muji dengan nama robot MJ sebagai juara ketiga. Untuk Kategori Mikrokontroller dimenangkan oleh dua tim dari jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Samarinda, yaitu Sejuh dengan nama robot ARCS 2 sebagai juara pertama dan Jumadil dengan nama robot ARCS 1 sebagai juara kedua. Untuk juara ketiga dimenangkan oleh Periyaldi dari jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negeri Samarinda dengan nama robot DAYAX 99. 

Di Politeknik Negeri Samarinda sendiri terdapat 2 jurusan yang salah satu mata kuliahnya berkaitan dengan Robotik, yaitu Teknologi Informasi dan Teknik Elektro. Lomba line follower robot ini merupakan ajang perlombaan yang pertama kali di adakan oleh jurusan Teknologi Informasi di kampus Politeknik Negeri Samarinda dan merupakan suatu gebrakkan baru yang bertujuan untuk meningkatkan bakat dan minat anak-anak muda di Kalimantan Timur dalam bidang robotika. (devi)
Share this article :

1 komentar:

  1. Peserta 5 tim, yg 3 dr jur.TI, 1 STMIK yg notabene alumni TI (Raji), 1 dr SMK Bontang. Semangat.....

    BalasHapus

Buletin Edisi Perdana

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Kabar Kampusku - All Rights Reserved